Hukum Menyembelih Untuk Mengobati Penyakit az-Zar (ayan)

Hukum Menyembelih Untuk Mengobati Penyakit az-Zar (ayan)
Pertanyaan:
Isteriku sakit dengan penyakit yang disebut az-Zar, yaitu sejenis ayan. Penyakit ini diakibatkan oleh persahabatan kita dengan orang-orang yang mempunyai penyakit ini. Jika mereka mencintai seseorang atau berteman dengannya, maka mereka memberikan penyakit itu kepadanya. Jika penyakit itu telah datang kepadanya, maka tidak bisa disembuhkan sehingga salah satu dari kawannya menyembuhkannya. Pertanyaannya: Isteriku menginginkan supaya aku menyembelihkan untuknya seekor kambing karena Allah dari penyakit ini. Aku tidak tahu, apakah sembelihan ini karena Allah ataukah karena orang ini, yaitu salah seorang kawannya. Tapi aku menolak hal itu. Ia telah menggadaikan sebagian perhiasannya untuk melaksanakan penyembelihan ini. Apakah ini boleh, atau apakah yang harus aku perbuat? Jelaskan kepada kami, terima kasih.

 

Jawaban:

Oleh Lajnah Daimah

Menyembelih karena selain Allah adalah syirik besar. Nabi صلی الله عليه وسلم telah melaknat siapa yang menyembelih karena selain Allah. Jadi, tidak boleh anda melakukan penyembelihan tersebut untuk menyembuhkan penyakit isterimu. Penyembuhan yang disyariatkan ialah dengan obat-obatan yang mubah, ruqyah syar’iyyah, membaca al-Qur’an dan doa-doa yang disyariatkan. Anda berkewajiban untuk menasehati isteri anda dan mengajaknya untuk meninggalkan penyembelihan karena selain Allah, serta menempuh penyembuhannya dari penyakitnya sesuai apa yang disyariatkan. Semoga Allah memudahkan kesembuhan dan hidayah untuknya.

Billahit Taufiq. Semoga shalawat dan salam senantiasa Allah limpahkan atas Muhammad, keluarganya dan para sahabatnya.

Rujukan:
Majalah al-Buhuts al-Islamiyah, edisi 28, hal. 86, al-Lajnah ad-Da’imah.
Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 2, penerbit Darul Haq.

Kategori: Sihir
Sumber: http://fatwa-ulama.com

Dibuat oleh SalafiDB http://salafidb.googlepages.com

About hang puriah

Alhamdulillah Segala Puji hanya milik Allah Azza Wajalla yang telah melimpahkan nikmatNya [ Nikmat Iman, Islam, dan As-Sunnah ] | Shalawat dan salam tercurah kepada Nabi Sholaulah 'alaihi Wasalam | Allahumma Sholi'ala Muhammad waalaali muhammad | dan Mereka-Mereka [ salaf dan khalaf ] yang menggadaikan hidupnya untuk mempelajari memahami agama yang Haq ini sehingga kita di akhir zaman ini mendapatkan cahaya-cahaya islam | Biiznilaah | Semoga Allah Azzawalla merahmati mereka semua | Dan Seindah-indah nikmat adalah nikmat hidup dan mati di atas As-Sunnah | Karena inilah jalannya yang tertunjuki yang dibawa Nabi Sholaulah 'alaihi Wasalam | mari kita mengikuti mereka selangkah demi selangkah | Walaupun kita (khusus lebih khusus) tidak berilmu, dan tidak akan sanggup beramal (istiqomah) seperti mereka, waallahu waliyy at-taufig

Posted on April 21, 2013, in Sihir. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: