Hukum Memakai Jaket yang Terbuat dari Kulit Babi

Hukum Memakai Jaket yang Terbuat dari Kulit Babi
Pertanyaan:
Baru-baru ini terjadi perselisihan keras di antara kami tentang hukum memakai jaket kulit. Beberapa orang menyatakan bahwa kadang-kadang jaket itu dibuat dari kulit babi. Dan jika ini benar, bagaimana pendapat Anda mengenai hukum memakainya, diperbolehkan atau tidak? Kami mendapati beberapa buku seperti Al-Halal wal-Haram karya Al-Qordhowi dan Al-Fiqh ‘alal-Mathahib al-‘Arba’ah sudah membahas tentang permasalahan ini. Akan tetapi, kesimpulan yang mereka ambil tidak jelas. Oleh karena itu, kami mohon penjelasan mengenai masalah ini.

 

Jawaban:

Oleh Syaikh Bin Baz

Telah diriwayatkan dari Rasulullah shallallaahu ‘alayhi wasallam, bahwa beliau bersabda:

“Setelah kulit disamak, ia hukumnya suci” (Muslim no 336 dan Abu Dawud no 4123).

Dan beliau juga bersabda:
“Menyamak kulit binatang yang telah mati mensucikannya” (Muslim no 336 dan Abu Dawud no 4125).

Para ulama berselisih pendapat mengenai masalah ini. Apakah hadits yang tersebut di atas mencakup semua jenis kulit, atau hanya kulit binatang yang dihalalkan untuk disembelih? Tidak ada keraguan bahwa kulit binatang yang boleh disembelih seperti unta, sapi, dan domba adalah suci, dan boleh digunakan untuk apa saja, menurut pendapat ulama yang paling kuat.

Adapun untuk kulit babi, anjing, dan binatang lain yang semisalnya, yang dilarang disembelih, terjadi perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang kesuciannya.

Yang paling baik adalah menghindarinya, berdasarkan sabda Rasulullah shallallaahu ‘alayhi wasallam:
“Siapa saja yang menjauhi perkara-perkara yang tidak jelas (syubhat) telah melindungi agama dan kehormatannya” (AlBukhari no 52 dan Muslim no 1599).

Dan sabdanya:
“Tinggalkanlah perkara-perkara yang kamu ragukan, dan kerjakan apa-apa yang kamu tidak memiliki keraguan terhadapnya” (At-Tirmidzi no 2158)

Rujukan:
Syaikh Bin Baz. Fatawa Islamiyah, Vol. 2, p39-40, DARUSSALAM http://fatwaislam.com/fis/index.cfm?scn=fd&ID=93

Kategori: Pakaian – Perhiasan
Sumber: http://fatwa-ulama.com

Dibuat oleh SalafiDB http://salafidb.googlepages.com

About hang puriah

Alhamdulillah Segala Puji hanya milik Allah Azza Wajalla yang telah melimpahkan nikmatNya [ Nikmat Iman, Islam, dan As-Sunnah ] | Shalawat dan salam tercurah kepada Nabi Sholaulah 'alaihi Wasalam | Allahumma Sholi'ala Muhammad waalaali muhammad | dan Mereka-Mereka [ salaf dan khalaf ] yang menggadaikan hidupnya untuk mempelajari memahami agama yang Haq ini sehingga kita di akhir zaman ini mendapatkan cahaya-cahaya islam | Biiznilaah | Semoga Allah Azzawalla merahmati mereka semua | Dan Seindah-indah nikmat adalah nikmat hidup dan mati di atas As-Sunnah | Karena inilah jalannya yang tertunjuki yang dibawa Nabi Sholaulah 'alaihi Wasalam | mari kita mengikuti mereka selangkah demi selangkah | Walaupun kita (khusus lebih khusus) tidak berilmu, dan tidak akan sanggup beramal (istiqomah) seperti mereka, waallahu waliyy at-taufig

Posted on April 12, 2013, in Pakaian - Perhiasan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: