Hijab Di Masa Nabi

Hijab Di Masa Nabi
Pertanyaan:
Alhamdulillah, saya merasa mantap dengan pensyari’atan hijab yang menutup seluruh badan, saya pun telah melaksanakannya dengan mengenakan hijab tersebut sejak beberapa tahun. Saya pernah membaca beberapa buku yang membahas hijab, terutama buku-buku tafsir pada bagian yang membahas hijab saat menafsirkan sebagian surat Al-Qur’an, seperti surat An-Nur dan Al-Ahzab. Tapi saya tidak tahu bagaimana memadukan antara pakaian kaum muslimat pada masa Nabi, para Khulafaur Rasyidin, para khalifah Bani Umayyah dan urgensi hijab yang hampir saya anggap wajib atas semua wanita.
Jawaban:
Oleh Syaikh Ibnu Utsaimin

Harus kita ketahui, bahwa masa Nabi a terbagi menjadi dua:

Pertama:
Masa sebelum diwajibkannya hijab. Pada saat itu, kaum wanita tidak menutup wajah dan tidak diwajibkan berlin-dung di balik tabir.

Kedua:
Masa setelah diwajibkannya hijab, yaitu setelah tahun keenam. Saat itu kaum wanita diwajibkan berhijab, sehingga mereka, sebagaimana yang diperintahkan Allah q kepada NabiNyaصلی الله عليه وسلمagar mengatakan kepada putri-putrinya, isteri-isterinya dan isteri-isteri kaum mukminin; Hendaknya mereka mengulurkan jilbab mereka, sehingga mereka mengenakan kain hitam dan tidak ada yang tampak dari tubuh mereka kecuali sebelah mata untuk melihat jalanan. Alhamdulillah, di negara kita sampai saat ini kon-disinya masih tetap pada jalan ini, yakni Al-Kitab dan As-Sunnah.

Semoga Allah سبحانه و تعالى melanggengkan apa yang telah dianuge-rahkan kepada kaum wanita kita, yaitu hijab yang menutup selu-ruh tubuh sesuai dengan tuntunan Kitabullah, sunnah RasulNya صلی الله عليه وسلم dan pandangan yang benar.

Rujukan:
Fatwa Syaikh Muhammad bin Shalih Al-Utsaimin. Disalin dari buku Fatwa-Fatwa Terkini Jilid 3, penerbit Darul Haq.

Kategori: Khusus Wanita
Sumber: http://fatwa-ulama.com

Dibuat oleh SalafiDB http://salafidb.googlepages.com

About hang puriah

Alhamdulillah Segala Puji hanya milik Allah Azza Wajalla yang telah melimpahkan nikmatNya [ Nikmat Iman, Islam, dan As-Sunnah ] | Shalawat dan salam tercurah kepada Nabi Sholaulah 'alaihi Wasalam | Allahumma Sholi'ala Muhammad waalaali muhammad | dan Mereka-Mereka [ salaf dan khalaf ] yang menggadaikan hidupnya untuk mempelajari memahami agama yang Haq ini sehingga kita di akhir zaman ini mendapatkan cahaya-cahaya islam | Biiznilaah | Semoga Allah Azzawalla merahmati mereka semua | Dan Seindah-indah nikmat adalah nikmat hidup dan mati di atas As-Sunnah | Karena inilah jalannya yang tertunjuki yang dibawa Nabi Sholaulah 'alaihi Wasalam | mari kita mengikuti mereka selangkah demi selangkah | Walaupun kita (khusus lebih khusus) tidak berilmu, dan tidak akan sanggup beramal (istiqomah) seperti mereka, waallahu waliyy at-taufig

Posted on April 7, 2013, in Khusus Wanita. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: