Balasan Bagi Perbuatan Buruk Orang Gila

Balasan Bagi Perbuatan Buruk Orang Gila
Pertanyaan:
Apakah orang gila (sakit jiwa) akan diberikan balasan terhadap perbuatan-perbuatan buruk (seperti meninggalkan shalat, puasa, zakat dan lain-lain) yang telah dilakukannya? Dengan catatan bahwa orang tersebut pada awalnya adalah normal namun kemudian dia menderita sakit jiwa.

Jawaban:

Oleh Lajnah Daimah

Hukum bagi orang gila tersebut pada hari-hari awal dimana dia tidak menderita sakit jiwa adalah sama dengan hukum seorang mukallaf (yang bertanggung jawab terhadap semua perbuatannya) yakni dalam pemberian pahala dan dosa. Sedangkan hukum bagi orang tersebut setelah ia menderita sakit jiwa adalah seperti hukum bagi orang yang berpenyakit jiwa yaitu perbuatannya tidak dicatat.

Semoga Allah melimpahkan Taufiq-Nya dan semoga salawat dan salam tercurahkan buat Rasullullah Muhammad صلی الله عليه وسلم, keluarganya dan para sahabatnya.

Rujukan:
Fatwa 8302 P20 volume 6 Fataawa of the Permanent Committee. Diterjemahkan dari: http://www.fatwaislam.com

Kategori: Lain-lain
Sumber: http://fatwa-ulama.com

Dibuat oleh SalafiDB http://salafidb.googlepages.com

About hang puriah

Alhamdulillah Segala Puji hanya milik Allah Azza Wajalla yang telah melimpahkan nikmatNya [ Nikmat Iman, Islam, dan As-Sunnah ] | Shalawat dan salam tercurah kepada Nabi Sholaulah 'alaihi Wasalam | Allahumma Sholi'ala Muhammad waalaali muhammad | dan Mereka-Mereka [ salaf dan khalaf ] yang menggadaikan hidupnya untuk mempelajari memahami agama yang Haq ini sehingga kita di akhir zaman ini mendapatkan cahaya-cahaya islam | Biiznilaah | Semoga Allah Azzawalla merahmati mereka semua | Dan Seindah-indah nikmat adalah nikmat hidup dan mati di atas As-Sunnah | Karena inilah jalannya yang tertunjuki yang dibawa Nabi Sholaulah 'alaihi Wasalam | mari kita mengikuti mereka selangkah demi selangkah | Walaupun kita (khusus lebih khusus) tidak berilmu, dan tidak akan sanggup beramal (istiqomah) seperti mereka, waallahu waliyy at-taufig

Posted on April 7, 2013, in Lain-Lain. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: